Perbedaan antara bimbingan konseling dan bimbingan konseling komprehensif
No
|
Aspek pembanding
|
Pola 17+
|
Komprehensif
|
Persamaan
|
Perbedaan
|
1.
|
Pengertian
|
Progam bimbingan dan konseling atau pemberian
bantuan kepada peserta didik melalui, 6 bidang bimbingan, 9 layanan, dan 6
layanan pendukung yang sesuai dengan norma yang berlaku.
|
Suatu progam dengan menggunakan kerangka pikiran dan
kerja utuh progam layanan bimbingan konseling dalam jalur pendidikan kepada
peserta didik melalui layanan dasar bimbingan, layanan responsive, layanan
perencanaan individual dan dukungan system sesuai dengan norma yang berlaku
di masyarakat.
|
Sama-sama
proses pemberian bantuan yang ditujukan kepada peserta didik.
|
Bentuk
atau cara pemberian layanan yang berbeda.
|
2.
|
Tujuan
|
membantu
peserta didik mengenal bakat , minat , dan kemampuannya, serta memilih dan
menyesuaikan diri dengan kesempatan, pendidikan, dan merencanakan karier yang
sesuai dengan tuntutan kerja.
|
Memberikan
arah kerja / sebagai acuan dan evaluasi kerja bagi guru BK /
konselor.membantu peserta didik mengenal bakat , minat , dan kemampuannya,.
Serta mengembangkan pola 17+
|
Sama-sama
Membantu peserta didik untuk mengenal dirinya
|
Bimbingan
komprehensif mengembangkan pola 17+
|
3.
|
Fungsi
|
§
Pemahaman
§
Pencegahan
§
Perbaikan
§
Pemeliharaan
§
Pengembangan
§
Penyaluran
§
Penyesuaian
§
Adaptasi
|
Ø Pemahaman
Ø Pencegahan
Ø Penyesuaian
Ø Pemecahan
|
Sama-sama
memiliki fungsi :
Pemahaman,
pencegahan, penyesuaian, pemecahan
|
Pada
bimbingan komprehensif tidak ada fungsi perbaikan, pemeliharaan,
pengembangan, penyaluran, penyesuaian, seta adaptasi
Sementara
pola 17+ tidak punya fungsi pemecahan
|
4.
|
Jenis
Layanan
|
§
Orientasi
§
Informasi
§
Penempatan
dan penyaluran
§
Pembelajaran
/ penguasaan konsep
§
Konseling
individu / perorangan
§
Bimbingan
kelompok
§
Konseling
kelompok
§
Konsultasi
§
Mediasi
|
Ø Layanan dasar bimbingan
Ø Layanan responsive
Ø Layanan perencanaan individual
Ø Dukungan sistem
|
Tidak ada
persamaan
|
Berbeda
jenis layanannya
|
5.
|
Bidang
Bimbingan
|
§
Pribadi
§
Social
§
Karier
§
Belajar
§
Keberagamaan
§
Keberkeluargaan
|
Ø Pribadi
Ø Social
Ø Karier
Ø Belajar
Ø Keberagamaan
Ø Keberkeluargaan
|
Mempunyai
bimbingan yang sama
|
Tidak ada
perbedaanya
|
6.
|
Kegiatan
pendukung
|
§
aplikasi
instrumentasi
§
himpunan
data
§
konferensi
kasus
§
kunjungan
rumah
§
alih
tangan kasus
§
terapi
kepustakaan
|
Ø aplikasi instrumentasi
Ø himpunan data
Ø konferensi kasus
Ø kunjungan rumah
Ø alih tangan kasus
Ø terapi kepustakaan
|
Mempunyai
kegiatan pendukung yang sama
|
Tidak ada
perbedaanya
|
7.
|
Tempat kegiatan
|
Dapat
dilaksanakan diluar maupun didalam kelas
|
Dapat
dilaksanakan diluar maupun didalam kelas
|
Mempunyai
tempat kegiatan yang sama
|
Tidak ada
perbedaanya
|
8.
|
Volume
kegiatan
|
§
Layanan
orientasi (4-6%)
§
Layanan
informasi (10-12%)
§
Layanan
penempatan/penyaluran (5-8%)
§
Layanan
pembelajaran (12-15%)
§
Layanan
konseling perorangan (12-15%)
§
Layanan
bimbingan kelompok (15-20%)
§
Layanan
konseling kelompok (12-15%)
§
Aplikasi
instrumentasi (4-8%)
§
Himpunan
data (4-8%)
§
Konferensi
kasus (5-8%)
§
Kunjungan
rumah (5-8%)
§
Alih
tangan kasus (0-2%)
|
Ø Layanan dasar (30-40%)
Ø Layanan responsive (15-25%)
Ø Layanan perencanaan individual
(25-35%)
Ø Dukungan system (10-15%)
|
Tidak ada
kesamaanya, berbeda dari semua volume kegiatan
|
Pola 17+:
§ Layanan orientasi (4-6%)
§ Layanan informasi (10-12%)
§ Layanan penempatan/penyaluran
(5-8%)
§ Layanan pembelajaran (12-15%)
§ Layanan konseling perorangan
(12-15%)
§ Layanan bimbingan kelompok (15-20%)
§ Layanan konseling kelompok
(12-15%)
§ Aplikasi instrumentasi (4-8%)
§ Himpunan data (4-8%)
§ Konferensi kasus (5-8%)
§ Kunjungan rumah (5-8%)
§ Alih tangan kasus (0-2%)
Bimbingan
komprehensif:
Ø Layanan dasar (30-40%)
Ø Layanan responsive (15-25%)
Ø Layanan perencanaan individual (25-35%)
Ø Dukungan system (10-15%)
|
0 komentar: