Laporan Observasi TPO Kepemimpinan

20.07 0 Comments



LAPORAN HASIL OBSERVASI
Kepemimpinan Kepala Sekolah Sekolah di SMP Negeri 1 Cisoka-Kab.Tangerang

Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas  mata kuliah Teori Dan Prilaku Organisasi
Dosen Penagampu : Dra. Nurdelima Waruwu, M.Pd
Disusun oleh :
Jhonli Aji Kasio          (11140182000004)
Manajemen Pendidikan
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
2015


KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb
            Puji dan Syukur Ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan hasil observasi  dengan objek observasi SMP Negeri 1 Cisoka-Kab.Tangerang.
            Dalam penyusunan makalah ini, penulis banyak mendapat tantangan dan hambatan akan tetapi dengan bantuan dari berbagai pihak tantangan itu bisa teratasi. Penulis mengucapkan terima kasih kepada,
  1. Dra. Nurdelima Waruwu, M.Pd,  selaku dosen pengampu mata kuliah Manajemen Pendidikan.
  2. Dra. Mimin Sri Suminarsih, M.Pd, kepala SMP Negeri 1 Cisoka.
  3. Keluarga besar  SMP Negeri 1 Cisoka , sebagai obyek observasi.
4.      Orang tua, selaku pihak yang memberikan bantuan baik material maupun non-material, dan
  1. Serta kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini, semoga bantuannya mendapat balasan yang berlimpah dari Tuhan Yang Maha Esa.
            Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya. Kritik konstruktif dari pembaca sangat penulis harapkan untuk penyempurnaan makalah ini. Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat kepada kita sekalian.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb
Tangerang Selatan, 31 Mei  2015


                                                                                                        Penulis

DAFTAR ISI

                                                                        
     A.Simpulan. 15


BAB  I

PENDAHULUAN 

A. Latar Belakang

         Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Dalam hidup, manusia selalu berinteraksi dengan sesama serta dengan lingkungan. Manusia hidup berkelompok baik dalam kelompok besar maupun dalam kelompok kecil. Begitupun dengan kehidupan guru di sekolah.
         Hidup dalam berkelompok tentulah tidak mudah. Untuk menciptakan kondisi kehidupan yang harmonis anggota kelompok haruslah saling menghormati & menghargai. Keteraturan hidup perlu selalu dijaga. Hidup yang teratur adalah impian setiap insan. Menciptakan & menjaga kehidupan yang harmonis adalah tugas manusia. Untuk mewujudkan nya dibutuhkan sosok seorang panutan yang dapat di andalkan.Sosok itu dapat disebut dengan pemimpin. Dengan berjiwa pemimpin manusia akan dapat mengelola diri, kelompok & lingkungan dengan baik. Untuk itulah kepala sekolah ada hadir meimpin guru-guru dis sekolah.
           Namun bagaimana sebenarnya sosok kepala sekolah yang baik dan bertanggung jawab, serta kepemimpinan kepala sekolah di kehidupan nyatanya apakah kekuatan, kelemahan, peluang dan praktik langsung tentang kepemimpinan kepala sekolah dalam realitas yang di gambarkan oleh suatu sekolah.
           Selanjutnya dalam laporan observasi ini akan di jelaskan mengenai hal itu. Dengan menggunakan Objek yang digunakan dalam observasi kepemimpinan kepala  sekolah adalah Dra. Mimin Sri Suminarsih, M.Pd Kepala SMP Negeri 1 Cisoka yang beralamat di Jalan Siliwangi Cisoka Kabupaten Tangerang Banten. Dalam laporan ini akan membahas kepemimpinan dengan tinjauan analisis SWOT kepemimpinana kepala sekolah di SMP Negeri 1 Cisoka.




B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas, masalah dalam laporan observasi ini dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.      Bagaimana profil SMP Negeri 1 Cisoka?
2.      Apakah  model Kepemimpinan yang digunakan oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Cisoka?
3.      Bagaimana analisis SWOT dari kepemimpinan kepala sekolah  di SMP Negeri 1 Cisoka?

C. Tujuan penulisan

      Adapun tujuan disusunnya laporan ini adalah:
1.    Untuk mengetahui profil SMP Negeri 1 Cisoka.
2.    Untuk mengetahui Model Kepemimpinan Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Cisoka.
3.    Untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah di SMP Negeri 1 Cisoka dengan mengiakan analisi SWOT.
    4.Untuk memenuhi tugas mata kuliah Teori dan Perilaku Organisasi

D. Sistematika Penulisan

Untuk memudahkan makalah ini, penyusun membagi menjadi tempat bagian, sebagai berikut:
1.    Pendahuluan yaitu, latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan dan sistematika penulisan.
2.    Metodelogi penelitian yaitu, waktu dan tempat, metodelogi observasi dan teknik pengumpulan data.
3.    Landasan teori yaitu, kepemimpinan kepala sekolah dan analisis SWOT
4.    Pembahasan yaitu, menjelaskan tentang Profil dari SMP Negeri 1 Cisoka, Model Kepemimpinan Kepala Sekolah, serta Analis SWOT terhadap kepemimpinan kepala SMP Negeri 1 Cisoka.
5.    Penutup yaitu, Simpulan dan Daftar Pustaka.


BAB II


METODELOGI PENELITIAN

A. Waktu dan Tempat

         Observasi kepemimpinan kepala sekolah ini dilaksanakan Pada Tanggal, 30  Desember  2015. Bertempat di SMP Negeri 1 Cisoka yang beralamat di Jalan Siliwangi Cisoka Kabupaten Tangerang-Banten .

B. Metode Observasi

Metode yang digunakan dalam pelaksanaan observasi ini adalah sebagai berikut :
1.    Wawancara
        Metode wawancara ini dilaksanakan dengan melakukan tanya jawab langsung dengan narasumber yang terkait yaitu Kepala Sekolah, Guru, dan Tata Usaha di SMP Negeri 1 Cisoka.
2.    Observasi
         Metode observasi ini dilakukan dengan cara mengamati kondisi fisik dan mengamati keadaan lingkungan di SMP Negeri 1 Cisoka.

C .Teknik Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data dalam laporan ini dilakukan dengan dua teknik, antara lain teknik observasi dan teknik interview (wawancara langsung).
   1.Teknik observasi
        Teknik kunjungan langsung ketempat yang akan dituju. Melalui teknik ini kelebihan dan kekurangan kondisi dari sekolah sebagai akibat dari kepemimpinan kepala sekolah dapat di ketahui realiatasnya.
2. Teknik interview ( wawancara langsung)
         Teknik ini merupakan teknik komunikasi langsung dengan responden yang akan kita hadapi. Teknik ini merupakan tindak lanjut dari teknik observasi yang kita jelaskan sebelumnya.Dengan teknik ini kita dapat memperoleh hasil yang valid sehingga laporannya menjadi baik.




3. Kajian pustaka yang relevan
        Teknik ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data yang di butuhkan dari sumber yang terkait diantaranya Tatausaha dan data-data yang terpajang di lobi masuk sekolah, Agar data yang di dapat benar-benar valid.



BAB III

LANDASAN TEORI

A.  Kepemimpina kepala sekolah

1. Pengertian kepemimpinan         
          Kepemimpinan adalah suatu kegiatan dalam membimbing suatu kelompok sedemikian hingga/rupa sehingga tercapai tujuan dari kelompok itu yaitu tujuan bersama. Menurut Ordway “Leadership is the activity of influensing people to cooperaty toward some goal wich they come to find desirable” (Kepemimpinan adalah kegiatan mempengaruhi orang untuk bekerjasama   yang   mana   mereka   mewujudkan   kerjasamanya   itu   untuk mencapai tujuan yang diinginkan).
          Pegertian  umum  kepemimpinan  adalah  kemampuan  dan  kesiapan yang dimiliki seseorang untuk dapat mempengaruhi,  mendorong,  mengajak, menuntun,   menggerakkan   dan  kalau  perlu  memaksa  orang  lain  agar  ia menerima pengaruh itu selanjutnya berbuat sesuatu yang dapat membantu pencapaian suatu maksud atau tujuan tertentu.
2. Faktor-Faktor Yang Menentukan Tingkah laku Pemimpin Pendidikan
         Meskipun   beberapa   orang   pemimpin   mungkin   memiliki keahlian dan jabatan dalam pekerjaan yang sama, selalu kita lihat adanya perbedaan-perbedaan dalam sikap dan cara kepemimpinannya hal ini disebabkan karena faktor-faktor yang menentukan sikap dan  tingkah laku pemimpin bermacam-macam, antara lain:
a.    Keahlian  dan  pengetahuan   yang  dimiliki  oleh  pemimpin  untuk menjalankan   kepemimpinannya.   Atau   dengan   kata   lain:   sesuai tidaknya  keahlian/pengetahuan  pemimpin  dengan  tugas  kewajiban yang dipikulnya.
b.    Macam pekerjaan yang harus dikerjakannya.  Sikap seseorang yang sedang memimpin  anak-buah  dalam kapal yang sedang tenggelam, tidak  sama  dengan  sikap  seorang  guru  yang  sedang  memimpin diskusi di dalam kelas. Sikap seorang pemimpin lembaga sudah tentu lain dari pada sikap seorang  Kepala  Madrasah  dalam  menjalankan tugasnya masing-masing.
c.    Sifat-sifat  kepribadian  pemimpin.  Bagaimana  watak  dan  sifat-sifat pribadi pemimpin turut menentukan bagaimana sikap dan tingkah lakunya dalam menjalankan kepemimpinan.
d.   Sifat-sifat kepribadian pengikut. Seorang yang memimpin anak-anak kecil,   berlainan   dengan   orang   memimpin   orang-orang   dewasa, demikian pula memimpin orang-orang buta huruf tidak sama dengan memimpin  orang-orang  yang cerdik-pandai.  Demikianlah  sifat-sifat pribadi pengikut menentukan bagaimana sikap dan kebijaksanaan pemimpin.
e.    Sangsi-sangsi yang ada ditangan pemimpin. Kekuatan-kekuatan yang dimiliki  atau yang berdiri  dibelakang  pemimpin  menentukan  sikap dan tingkah lakunya. Pemimpin yang   berwenang   lain   reaksi pengikutnya dari orang yang tidak berwenang.[1]
3.Hal-hal penting yang perlu di catat dalam komponen kepemimpinan pendidikan adalah :
a.    Proses rangkaian tindakan dalam sistem pendidikan;
b.    Mempengaruhi dan memberi teladan;
c.    Memberi perintah dengan cara persuasi manusiawi tetapi tetap menjunjung tinggi disiplin dan aturan yang di pedomani;
d.   Pengikut mengikuti perintah sesuai dengan kewenangan dan tanggung jawab masing-masing;
e.    Menggunakan authority dan power dalam batas yang di benarkan;
f.     Menggerakan atau mengerahkan semua personel dalam institusi guna menyelesaikan tugas sehingga teercapai tujuan,meningkatkan hubngan kerja di antara personel, membina kerjasama, menggerakan sumberdaya organisasi, dan memberi motoivasi kerja[2].
4. Untuk memenuhi kriteria kepemimpinan  yang telah di sebutkan di atas diperlukan :
a)      Kepemimpinan yang visioner agar penyelengaraan pendidikan mamapu merespon kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai upaya membangun SDM yang berkualitas dan kompetitif;
b)      Kepemimpinana yang efektif dalam penentuan kebijakan agar proses pembelajaran yang di selenggarakan dalam suatu proses pendidikan dapat memberi jaminan proses pelayanan belajar yang berkualitas dan juga mutu pendidikan yang kompetitif;
c)      Ketepatan pemimpin dalam mengambi keputusan agar semua keputusn yang di ambil adalah keputusan yang di butuhkan, bukan atas keinginan pihak pengambil keputusan;
d)     Pendelegasian agar pembagian tugas dalam mensiasati pencapaian atrget dapat lebih lincah dan lebih terukur sehingga target dapat terpenuhi sesuai yang di tetapkan;Siakp demokratik yang di kembangkan pemimpin agar terjaga kebersamaan dan semangat yang sama untuk memperoleh keberhasilan dan kesuksesan yang maksimal[3].

B.     Analis SWOT

          SWOT merupakan sebuah singkatan dari S Strenght atau Kekeuatan, W adalah Weaknes atau Kelemahan, O adalah Opportunity atau Kesempatan, dan T adalah  Threat atau Tantangan. Sewot di gunakan dalam menganalisis suatu kondisi dimana akan di buat sebuah rencana untuk melakukan sesuatu. Dalam observasi ini SWOT di gunakan untuk mengetahui kondisi nyata  yang ada pada kepemimpinan kepala sekolah SMP Negeri 1 Cisoka.

BAB IV

PEMBAHASAN

A.    Profil SMP Negeri 1 Cisoka

         SMP Negeri 1 Cisoka didirikan pada tahun 1981. Awalnya bernama SMP Negeri 1 Cisoka yang pada saat itu belum mempunyai bangunan sendiri. Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di Sekolah Dasar pada sore hari. Waktu itu SMP Negeri 1 Cisoka masih menginduk pada SMP Negeri Tigaraksa yang Kepala Sekolahnya Bapak Achmad Syibli. Sebagai apejabat sementara di SMP Negeri 1 Cisoka yaitu Bapak Alung Sumantri yang kemudian menjadi Kepala SMP Negeri 1 Cisoka yang pertama.
         Pada saat itu keadaannya masih serba kurang, baik fasilitas belajar maupun tenaga pengajarnya. Sebagian besar tenaga pengajarnya adalah guru – guru SD dan guru – guru SMP PGRI Cisoka yang sudah berdiri sebelumnya. Kegiatan belajar saat itu sering terganggu karena menumpang di gedung SD yang kadang – kadang terpaksa harus berpindah – pindah dari SD yang satu ke SD yang lain hingga tahun 1986.
        Pada tahun 1985, waktu itu lokasinya masih menumpang di SD Bunian, datanglah tenaga pengajar yang masih muda – muda yang dikirim oleh Pemerintah sebanyak tujuh orang. Dengan di kirimnya tenaga pengajar muda yang penuh semangat, berdedikasi serta loyalitas tinggi, SMP Negeri 1 Cisoka berkembang dengan pesat.
          Barulah pada tahun 1985 SMP Negeri 1 Cisoka memiliki gedung sendiri, semangat belajarpun bertambah sehingga prestasi yang diraih kian meningkat baik ditingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan Nasional.
        Perjuangan SMP Negeri 1 Cisoka berjalan terus seiring  perkembangan jaman, yang pada gilirannya sejak tahun 2011 SMP Negeri 1 Cisoka ditetapkan sebagai Sekolah Standar Nasional ( SSN ).

1.   Identitas Sekolah
Nama Sekolah                                       : SMP NEGERI 1 CISOKA
NPSN                                                    : 20603142
Alamat                                                   : Jalan Siliwangi Cisoka Kabupaten                                                                    Tangerang, Banten
No Telp.                                                 : 021 – 59750836
Nama Kepala Sekolah                           :Dra. Mimin Sri Suminarsih, M.Pd
Kategori Sekolah                                   : Negeri
Tahun didirikan/ tahun beroperasi         : 1984/ 1984
Kepemilikan Tanah Bangunan              : Milik Pemerintah
        Luas Tanah/ Status                        : 19.185 m2 / Akte Jual Beli
        Luas Bangunan                              : 6.776 m2
No. Rekening Rutin Sekolah                 : 0017 0244 34 100
                                                                 Bank bjb KCP Cikupa
2.   Visi dan Misi
VISI:
Terwujudnya Mutu Lulusan SMP Negeri 1 Cisoka Yang Cerdas, Trampil, Dan Berakhlak Mulia
MISI:
1. Melaksanakan penegembangan fasilitas pendidikan.
2. Melaksanakan pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP).
3.Melaksanakan KBM secara optimal.
4.Melaksanakan pengembanagan sdm pendidiakn.
5.Melaksannakan pengembangan minat dan bakat sisiwa melalui kegiatan ekstra kurikuler yag beragam .
6.Melaksanakan pengembangan kegiatan bidang keagamaan.
7.Menjalin hubungan yang harmonis antara sekolah dan masyarakat.



3.   Data Sarana Ruang dan Lapangan
      a)   Data Ruang Belajar (kelas)
Keterangan
Baik
Kerusakan <15%
Rusak ringan
15% - <30%
Rusak sedang
30% - <45%
Rusak berat
45% - 65%
Rusak total
>65%

b)      Data Ruang Lainnya
No
Jenis Ruangan
Jumlah yang ada
Ukuran (pxl)
Kondisi
Seharusnya
Kekurangan
Keterangan
1
Perpustakaan
1
7 x 9
Baik
1


2
Laboratorium IPA
1
8 x 11
Rusak berat
3
2

3
Keterampilan



3
3
Belum ada
4
Multimedia



3
3
Belum ada
5
Kesenian



3
3
Belum ada
6
Lab. Bahasa
1
7 x 9
Baik
3
2

7
Lab. Komputer
1
7 x 9
Baik
3
2

8
Portable



1
1
Belum ada
9
Serbaguna



1
1
Belum ada
10
WC Siswa
4
2 x 9
Baik
27
23

11
WC Guru
2
2 x 4
Baik
4
2

12
WC Pegawai
2
2 x 3
Baik
2
-

13









c)      Data Ruang Kantor

d).  Lapangan Olahraga dan Upacara
Lapangan
Jumlah (buah)
Ukuran (pxl)
Kondisi*)
Keterangan
1. Lapangan Olahraga
    a. Bola volley
   

2


9x18


RUSAK


Perlu pengerasan
b. Bola basket
1

BAIK

2. Lapangan Upacara
1

BAIK

3. Lap. Sepakbola
1

Kurang baik


4.   DATA TANAH
      Kepemilikan Tanah                             : Pemerintah/yayasan/pribadi/
                                                                     menyewa/menumpang*
      Status Tanah                                       : SHM/HGB/Hak Pakai/Akte Jual                                                                    Beli/Hibah*)
      Luas Lahan/Tanah                               : 19.185 m2
      Luas Tanah Terbangun                        : 6.776 m2
      Luas Tanah Siap Bangun                    : 4.422 m2
      Luas Lantai Atas Siap Bangun           : 140 m2


B.  Model Kepemimpinan Kepala SMP Negeri 1 Cisoka

C. Analisi SWOT Kepemimpinan Kepala SMP Negeri 1 Cisoka

           Setelah mengumpulkan dan menganalisi data sebagai tujuan yang ingin di capai dalam observasi kepemimpinan kepala  SMP Negeri 1 Cisoka, Kekeuatan, Kelemahan, Peluang dan Tantangan yang di dapat dari hasil observasi sebagai berikut:
1.      Kekuatan (strenght)
Kekuatan dalam hal sifat dan sikap ,kepala sekolah mempunyai jiwa yang tegas dam menegakan aturan sekolah, memiliki kepribadian yang baik, memiliki kedisiplisnan yang tinggi, bersikap hati-hati dalam mengambil keputusan bersama, patuh terhadap atasan dan tanggung jawab.kekuatan dam hal profesionalisme kerjanya, pengalaman yang mempuni kerena beliau menjabat di sekolah sebelumnya, menegakan aturan sekolah kepada masyarakat sekolah kepada seluruh masyarakat sekah termasuk dirinya, terus melakukan pembangunan sarana sekolah seperti ruang kelas baru, perpustakaan dan lapangan, komunikasi yang di jalin dengan guru cukup baik.
2.      Kelemahan (weaknes)
Kelemahan dala hal sifat dan sikap, sangat selektif terhadap guru dan pegawai terlihat memilih-milih guru dan pegawai untuk di berikan kepercayaan seperti di ikut sertakan dalam kegiatan atau kepanitiaan, kadang-kadang merasa tidak enak atau sungkan kepada guru dan pegawai yang lebih tua masa kerjanya, usia yang sudah tua menjadiakannya kurang aktif dalam memantau secara langsung ke lapangan, kurang berani mengambil keputusan secara cepat. Kelemahan dalam hal profesionalisme kinerjanya, komunikasi ke instansi luar selain dinas pendidikan jarang di lakukan, seperti kerja sama dengan bimbigan belajar atau pihak-pihak yang memeberikan beasiswa, kurang memahami keadaan pribadi setiap guru dan pegawai secara personal,
3.      Peluang (opportunity)
Karier kepala sekolah yang semakin baik karena pengalamannya yang sudah banyak menjadikanya semakin di percaya oleh dinas pendidikan, dengan kempuanya serta berkepribadian yang baik, meiliki staf, guru dan pegawai yang baik maka lebih mempermudah proses kepemimpinannya dan memiliki sarana yang lengkap maka mempermudah pula proses pembelajaran yang berkualitas di SMP Negeri 1 Cisoka.
4.      Tantanngan (threat)
Sedikitnya jumlah kepala sekolah wanita menjadikan kepala SMP Negeri 1 Cisoka, memiliki tantangan tersendiri dalam menjalankan tugasnya kaitannya dengan pihak luar, sebagai kepala sekolah yang memimpin sekolah favorit di kecamatan  seharusnya lebih meningkatkan kualitas siswa SMP Negeri 1 Cisoka agar bisa tetap menjadi yang terbaik di wilayanya, karena banyaknya sekolah sekolah baru yang akan menjadikan sekolah saingan di wilayah kecamatan  cisoka, solar dan sekitarnya.

BAB V

PENUTUP

A.Simpulan

         Berdasarkan hasil dari observasi dapat di simpulkan bahwa SMP Negeri 1 Cisoka merupakan sekolah yang berada pada level akreditasi A dengan begitu sekolah ini merupakan sekolah yang layak mendapatkan rebutan bagi anak yang baru lulus dari tingkat sekolah dasar.
         Dari hasil observari yang telah di lakukan. penulis mengetahui bahwa gaya kepemimpinan yang di terapkan oleh  Dra. Mimin Sri Suminarsih, M.Pd Kepala SMP Negri 1 Cisoka merupakan  gaya yang di kombinasikan , artinya beliau menggunakan gaya otoriter, demokratis , pseudo demokratis dan Laissez-faire,  dalam menjalankan kepemimpinanya. Tindakan yanga beliau lakukan disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang terjadi. Hal ini dapat menjadikan kepemimpinan beliau menjadi kepemimpinan efektifI.
Analis SWOT menunjukan bahwa kepemimpinan Dra. Mimin Sri Suminarsih, M.Pd Kepala SMP Negeri 1 Cisoka, pada tingkat yang memuaskan.

B. Saran

Demikian laporan ini di buat sebagai hasil dari observasi yang  penulis  lakukan, penulisi mengharapkan  kritik dan saran yang konstuktif  dari pembaca agar lebih baik dalam  penyusuna laporan hasil observasi pada kesempatan selanjutnya. Semoga hasil laporan  obsevasi ini bisa bermanfaat  dan bisa di gunakan sebagai bahan rujukan terhadap kasus yang mempunyai keterkaitan.

DAFTAR PUSTAKA


Agung, Analis SWOT , http://www.academia.edu/8370975/Analisis_SWOT_fix    di akses pada tanggal 25 Mei 2015 pukul 21.30 WIB
Gibson, Ivancevich, Donnely. 1995, Organisasi :Edisi 8 Jilid 1,Jakarta: Binarupa Aksara
Purwanto,  Ngalim  dkk. 1991.  Administrasi  pendidikan.  Mutiara  Sumber  Widya. Jakarta. Hal 35
Sagala, Saipul, 2009.Administrasi Pendidikan Kontemporer,  Alfabeta, Bandung,   hal.148



[1] Purwanto,  Ngalim  dkk. 1991.  Administrasi  pendidikan.  Mutiara  Sumber  Widya. Jakarta. Hal 35
[2] Sagala, Saipul, 2009.Administrasi Pendidikan Kontemporer,  Alfabeta, Bandung,   hal.148
[3]  Ibid., hal.148

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: