Laporan Observasi TPO Kepemimpinan
LAPORAN HASIL
OBSERVASI
Kepemimpinan Kepala Sekolah Sekolah di SMP Negeri 1
Cisoka-Kab.Tangerang
Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah
Teori Dan Prilaku Organisasi
Dosen Penagampu : Dra.
Nurdelima Waruwu, M.Pd
Disusun oleh :
Jhonli
Aji Kasio (11140182000004)
Manajemen Pendidikan
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Jakarta
2015
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Puji dan Syukur Ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat
limpahan Rahmat dan Karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan
hasil observasi dengan objek observasi SMP Negeri 1 Cisoka-Kab.Tangerang.
Dalam
penyusunan makalah ini, penulis banyak mendapat tantangan dan hambatan akan
tetapi dengan bantuan dari berbagai pihak tantangan itu bisa teratasi. Penulis
mengucapkan terima kasih kepada,
- Dra. Nurdelima Waruwu, M.Pd, selaku dosen pengampu mata kuliah Manajemen Pendidikan.
- Dra. Mimin Sri Suminarsih, M.Pd, kepala SMP Negeri 1 Cisoka.
- Keluarga besar SMP Negeri 1 Cisoka , sebagai obyek observasi.
4. Orang tua, selaku pihak yang
memberikan bantuan baik material maupun non-material, dan
- Serta kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini, semoga bantuannya mendapat balasan yang berlimpah dari Tuhan Yang Maha Esa.
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh
dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya. Kritik
konstruktif dari pembaca sangat penulis harapkan untuk penyempurnaan makalah ini. Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan
manfaat kepada kita sekalian.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb
Tangerang Selatan, 31 Mei 2015
Penulis
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Manusia adalah makhluk
sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Dalam hidup, manusia selalu berinteraksi
dengan sesama serta dengan lingkungan. Manusia hidup berkelompok baik dalam
kelompok besar maupun dalam kelompok kecil. Begitupun dengan kehidupan guru di
sekolah.
Hidup dalam berkelompok
tentulah tidak mudah. Untuk menciptakan kondisi kehidupan yang harmonis anggota
kelompok haruslah saling menghormati & menghargai. Keteraturan hidup perlu
selalu dijaga. Hidup yang teratur adalah impian setiap insan. Menciptakan &
menjaga kehidupan yang harmonis adalah tugas manusia. Untuk mewujudkan nya
dibutuhkan sosok seorang panutan yang dapat di andalkan.Sosok itu dapat disebut
dengan pemimpin. Dengan berjiwa pemimpin manusia akan dapat mengelola diri,
kelompok & lingkungan dengan baik. Untuk itulah kepala sekolah ada hadir
meimpin guru-guru dis sekolah.
Namun bagaimana sebenarnya
sosok kepala sekolah yang baik dan bertanggung jawab, serta kepemimpinan kepala
sekolah di kehidupan nyatanya apakah kekuatan, kelemahan, peluang dan praktik
langsung tentang kepemimpinan kepala sekolah dalam realitas yang di gambarkan
oleh suatu sekolah.
Selanjutnya dalam laporan observasi
ini akan di jelaskan mengenai hal itu. Dengan menggunakan Objek yang digunakan
dalam observasi kepemimpinan kepala sekolah adalah Dra. Mimin Sri Suminarsih, M.Pd Kepala SMP Negeri 1 Cisoka yang beralamat di Jalan Siliwangi Cisoka Kabupaten
Tangerang Banten. Dalam laporan ini akan membahas kepemimpinan dengan tinjauan
analisis SWOT kepemimpinana kepala sekolah di SMP Negeri 1 Cisoka.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar
belakang diatas, masalah dalam laporan observasi ini dapat dirumuskan sebagai
berikut:
1.
Bagaimana
profil SMP Negeri 1 Cisoka?
2.
Apakah model Kepemimpinan yang
digunakan oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Cisoka?
3.
Bagaimana analisis SWOT dari kepemimpinan kepala sekolah di SMP Negeri 1 Cisoka?
C. Tujuan penulisan
Adapun tujuan disusunnya laporan ini adalah:
1. Untuk
mengetahui profil SMP Negeri 1 Cisoka.
2. Untuk
mengetahui Model Kepemimpinan Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Cisoka.
3.
Untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah di
SMP Negeri 1 Cisoka dengan mengiakan analisi SWOT.
4.Untuk memenuhi tugas mata kuliah Teori dan Perilaku Organisasi
D. Sistematika Penulisan
Untuk memudahkan makalah ini, penyusun membagi menjadi tempat bagian, sebagai berikut:
1.
Pendahuluan yaitu, latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan
penulisan, metode penulisan dan sistematika penulisan.
2.
Metodelogi penelitian
yaitu, waktu dan tempat, metodelogi observasi dan teknik pengumpulan data.
3.
Landasan teori yaitu,
kepemimpinan kepala sekolah dan analisis SWOT
4.
Pembahasan yaitu, menjelaskan tentang Profil dari SMP Negeri 1 Cisoka, Model Kepemimpinan
Kepala Sekolah, serta Analis SWOT terhadap kepemimpinan kepala SMP Negeri 1
Cisoka.
5.
Penutup
yaitu, Simpulan dan Daftar Pustaka.
BAB II
METODELOGI PENELITIAN
A. Waktu dan Tempat
Observasi kepemimpinan kepala
sekolah ini
dilaksanakan Pada Tanggal, 30 Desember 2015. Bertempat di SMP Negeri 1 Cisoka
yang beralamat di Jalan Siliwangi Cisoka Kabupaten
Tangerang-Banten .
B. Metode Observasi
Metode yang digunakan dalam pelaksanaan
observasi ini adalah sebagai berikut :
1. Wawancara
Metode wawancara ini dilaksanakan dengan
melakukan tanya jawab langsung dengan narasumber yang terkait yaitu Kepala Sekolah, Guru, dan Tata
Usaha di SMP Negeri 1 Cisoka.
2.
Observasi
Metode observasi ini dilakukan
dengan cara mengamati kondisi fisik dan mengamati keadaan lingkungan di SMP Negeri 1 Cisoka.
C .Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data dalam laporan ini dilakukan dengan dua
teknik, antara lain teknik observasi dan teknik interview (wawancara langsung).
1.Teknik observasi
Teknik kunjungan langsung ketempat yang akan dituju. Melalui teknik
ini kelebihan dan kekurangan kondisi
dari sekolah sebagai akibat dari kepemimpinan kepala sekolah dapat di ketahui
realiatasnya.
2. Teknik interview ( wawancara langsung)
Teknik ini merupakan teknik komunikasi langsung dengan responden yang akan kita
hadapi. Teknik ini merupakan tindak lanjut dari teknik observasi yang kita
jelaskan sebelumnya.Dengan teknik ini kita dapat memperoleh hasil yang valid
sehingga laporannya menjadi baik.
3. Kajian pustaka yang relevan
Teknik ini dilakukan dengan
cara mengumpulkan data yang di butuhkan dari sumber yang terkait diantaranya
Tatausaha dan data-data yang terpajang di lobi masuk sekolah, Agar data yang di
dapat benar-benar valid.
BAB III
LANDASAN TEORI
A. Kepemimpina kepala sekolah
1. Pengertian
kepemimpinan
Kepemimpinan adalah suatu kegiatan
dalam membimbing suatu kelompok sedemikian hingga/rupa sehingga tercapai tujuan
dari kelompok itu yaitu tujuan bersama. Menurut Ordway “Leadership is the activity of influensing people to cooperaty toward some
goal wich they come to find desirable” (Kepemimpinan adalah kegiatan
mempengaruhi orang untuk bekerjasama
yang mana mereka
mewujudkan kerjasamanya itu
untuk mencapai tujuan yang diinginkan).
Pegertian umum
kepemimpinan adalah kemampuan
dan kesiapan yang dimiliki
seseorang untuk dapat mempengaruhi,
mendorong, mengajak, menuntun, menggerakkan dan
kalau perlu memaksa
orang lain agar
ia menerima pengaruh itu selanjutnya berbuat sesuatu yang dapat membantu
pencapaian suatu maksud atau tujuan tertentu.
2. Faktor-Faktor Yang
Menentukan Tingkah laku Pemimpin Pendidikan
Meskipun beberapa
orang pemimpin mungkin
memiliki keahlian dan jabatan dalam pekerjaan yang sama, selalu kita
lihat adanya perbedaan-perbedaan dalam sikap dan cara kepemimpinannya hal ini
disebabkan karena faktor-faktor yang menentukan sikap dan tingkah laku pemimpin bermacam-macam, antara
lain:
a. Keahlian dan
pengetahuan yang dimiliki
oleh pemimpin untuk menjalankan kepemimpinannya. Atau
dengan kata lain:
sesuai tidaknya
keahlian/pengetahuan
pemimpin dengan tugas
kewajiban yang dipikulnya.
b. Macam
pekerjaan yang harus dikerjakannya.
Sikap seseorang yang sedang memimpin
anak-buah dalam kapal yang sedang
tenggelam, tidak sama dengan
sikap seorang guru
yang sedang memimpin diskusi di dalam kelas. Sikap
seorang pemimpin lembaga sudah tentu lain dari pada sikap seorang Kepala
Madrasah dalam menjalankan tugasnya masing-masing.
c. Sifat-sifat kepribadian
pemimpin. Bagaimana watak
dan sifat-sifat pribadi pemimpin
turut menentukan bagaimana sikap dan tingkah lakunya dalam menjalankan
kepemimpinan.
d. Sifat-sifat
kepribadian pengikut. Seorang yang memimpin anak-anak kecil, berlainan
dengan orang memimpin
orang-orang dewasa, demikian
pula memimpin orang-orang buta huruf tidak sama dengan memimpin orang-orang
yang cerdik-pandai.
Demikianlah sifat-sifat pribadi
pengikut menentukan bagaimana sikap dan kebijaksanaan pemimpin.
e. Sangsi-sangsi
yang ada ditangan pemimpin. Kekuatan-kekuatan yang dimiliki atau yang berdiri dibelakang
pemimpin menentukan sikap dan tingkah lakunya. Pemimpin yang berwenang
lain reaksi pengikutnya dari
orang yang tidak berwenang.[1]
3.Hal-hal penting yang perlu di catat dalam komponen kepemimpinan pendidikan
adalah :
a.
Proses
rangkaian tindakan dalam sistem pendidikan;
b.
Mempengaruhi
dan memberi teladan;
c.
Memberi
perintah dengan cara persuasi manusiawi tetapi tetap menjunjung tinggi disiplin
dan aturan yang di pedomani;
d.
Pengikut
mengikuti perintah sesuai dengan kewenangan dan tanggung jawab masing-masing;
e.
Menggunakan
authority dan power dalam batas yang di benarkan;
f.
Menggerakan
atau mengerahkan semua personel dalam institusi guna menyelesaikan tugas
sehingga teercapai tujuan,meningkatkan hubngan kerja di antara personel,
membina kerjasama, menggerakan sumberdaya organisasi, dan memberi motoivasi
kerja[2].
4. Untuk memenuhi kriteria kepemimpinan
yang telah di sebutkan di atas diperlukan :
a)
Kepemimpinan
yang visioner agar penyelengaraan pendidikan mamapu merespon kemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi sebagai upaya membangun SDM yang berkualitas dan kompetitif;
b)
Kepemimpinana
yang efektif dalam penentuan kebijakan agar proses pembelajaran yang di
selenggarakan dalam suatu proses pendidikan dapat memberi jaminan proses
pelayanan belajar yang berkualitas dan juga mutu pendidikan yang kompetitif;
c)
Ketepatan
pemimpin dalam mengambi keputusan agar semua keputusn yang di ambil adalah
keputusan yang di butuhkan, bukan atas keinginan pihak pengambil keputusan;
d)
Pendelegasian
agar pembagian tugas dalam mensiasati pencapaian atrget dapat lebih lincah dan
lebih terukur sehingga target dapat terpenuhi sesuai yang di tetapkan;Siakp
demokratik yang di kembangkan pemimpin agar terjaga kebersamaan dan semangat
yang sama untuk memperoleh keberhasilan dan kesuksesan yang maksimal[3].
B. Analis SWOT
SWOT merupakan sebuah singkatan dari
S Strenght atau Kekeuatan, W adalah Weaknes atau Kelemahan, O adalah
Opportunity atau Kesempatan, dan T adalah
Threat atau Tantangan. Sewot di gunakan dalam menganalisis suatu kondisi
dimana akan di buat sebuah rencana untuk melakukan sesuatu. Dalam observasi ini
SWOT di gunakan untuk mengetahui kondisi nyata
yang ada pada kepemimpinan kepala sekolah SMP Negeri 1 Cisoka.
BAB IV
PEMBAHASAN
A. Profil SMP Negeri 1 Cisoka
SMP Negeri 1 Cisoka
didirikan pada tahun 1981. Awalnya bernama SMP Negeri 1 Cisoka yang pada saat itu belum mempunyai
bangunan sendiri. Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di Sekolah Dasar pada
sore hari. Waktu itu SMP Negeri 1 Cisoka masih menginduk pada SMP Negeri
Tigaraksa yang Kepala Sekolahnya Bapak Achmad Syibli. Sebagai apejabat sementara di SMP Negeri 1 Cisoka yaitu
Bapak Alung Sumantri yang kemudian menjadi Kepala SMP Negeri 1 Cisoka yang
pertama.
Pada saat itu keadaannya masih serba kurang,
baik fasilitas belajar maupun tenaga pengajarnya. Sebagian besar tenaga
pengajarnya adalah guru – guru SD dan guru – guru SMP PGRI Cisoka yang sudah
berdiri sebelumnya. Kegiatan belajar saat itu sering terganggu karena menumpang
di gedung SD yang kadang – kadang terpaksa harus berpindah – pindah dari SD
yang satu ke SD yang lain hingga tahun 1986.
Pada tahun 1985, waktu itu
lokasinya masih menumpang di SD Bunian, datanglah tenaga pengajar yang masih
muda – muda yang dikirim oleh Pemerintah sebanyak tujuh orang. Dengan di kirimnya tenaga pengajar
muda yang penuh semangat, berdedikasi serta loyalitas tinggi, SMP Negeri 1
Cisoka berkembang dengan pesat.
Barulah pada tahun 1985 SMP Negeri 1 Cisoka
memiliki gedung sendiri, semangat belajarpun bertambah sehingga prestasi yang
diraih kian meningkat baik ditingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan
Nasional.
Perjuangan SMP Negeri 1
Cisoka berjalan terus seiring
perkembangan jaman, yang pada gilirannya sejak tahun 2011 SMP Negeri 1
Cisoka ditetapkan sebagai Sekolah Standar Nasional ( SSN ).
1. Identitas Sekolah
Nama Sekolah :
SMP NEGERI 1 CISOKA
NPSN :
20603142
Alamat :
Jalan Siliwangi Cisoka Kabupaten Tangerang, Banten
No Telp. : 021 – 59750836
Nama Kepala Sekolah :Dra. Mimin Sri Suminarsih, M.Pd
Kategori Sekolah : Negeri
Tahun didirikan/ tahun
beroperasi : 1984/ 1984
Kepemilikan Tanah Bangunan
: Milik Pemerintah
Luas Tanah/ Status : 19.185 m2 / Akte Jual
Beli
Luas Bangunan : 6.776 m2
No. Rekening Rutin Sekolah : 0017 0244 34 100
Bank bjb KCP Cikupa
2. Visi dan
Misi
VISI:
Terwujudnya Mutu Lulusan SMP Negeri 1 Cisoka Yang
Cerdas, Trampil, Dan Berakhlak Mulia
MISI:
1.
Melaksanakan penegembangan fasilitas pendidikan.
2.
Melaksanakan pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP).
3.Melaksanakan
KBM secara optimal.
4.Melaksanakan
pengembanagan sdm pendidiakn.
5.Melaksannakan
pengembangan minat dan bakat sisiwa melalui kegiatan ekstra kurikuler yag
beragam .
6.Melaksanakan
pengembangan kegiatan bidang keagamaan.
7.Menjalin
hubungan yang harmonis antara sekolah dan masyarakat.
3. Data
Sarana Ruang dan Lapangan
a) Data
Ruang Belajar (kelas)
Keterangan
Baik
|
Kerusakan
<15%
|
Rusak
ringan
|
15% -
<30%
|
Rusak
sedang
|
30% -
<45%
|
Rusak
berat
|
45% - 65%
|
Rusak
total
|
>65%
|
b)
Data Ruang
Lainnya
No
|
Jenis Ruangan
|
Jumlah yang ada
|
Ukuran (pxl)
|
Kondisi
|
Seharusnya
|
Kekurangan
|
Keterangan
|
1
|
Perpustakaan
|
1
|
7 x 9
|
Baik
|
1
|
||
2
|
Laboratorium IPA
|
1
|
8 x 11
|
Rusak berat
|
3
|
2
|
|
3
|
Keterampilan
|
3
|
3
|
Belum ada
|
|||
4
|
Multimedia
|
3
|
3
|
Belum ada
|
|||
5
|
Kesenian
|
3
|
3
|
Belum ada
|
|||
6
|
Lab. Bahasa
|
1
|
7 x 9
|
Baik
|
3
|
2
|
|
7
|
Lab. Komputer
|
1
|
7 x 9
|
Baik
|
3
|
2
|
|
8
|
Portable
|
1
|
1
|
Belum ada
|
|||
9
|
Serbaguna
|
1
|
1
|
Belum ada
|
|||
10
|
WC Siswa
|
4
|
2 x 9
|
Baik
|
27
|
23
|
|
11
|
WC Guru
|
2
|
2 x 4
|
Baik
|
4
|
2
|
|
12
|
WC Pegawai
|
2
|
2 x 3
|
Baik
|
2
|
-
|
|
13
|
c)
Data Ruang
Kantor
d). Lapangan Olahraga dan
Upacara
Lapangan
|
Jumlah (buah)
|
Ukuran (pxl)
|
Kondisi*)
|
Keterangan
|
1. Lapangan Olahraga
a.
Bola volley
|
2
|
9x18
|
RUSAK
|
Perlu
pengerasan
|
b. Bola basket
|
1
|
BAIK
|
||
2.
Lapangan Upacara
|
1
|
BAIK
|
||
3.
Lap. Sepakbola
|
1
|
Kurang
baik
|
4. DATA TANAH
Kepemilikan Tanah : Pemerintah/yayasan/pribadi/
Status Tanah : SHM/HGB/Hak Pakai/Akte Jual Beli/Hibah*)
Luas Lahan/Tanah : 19.185 m2
Luas Tanah Terbangun :
6.776 m2
Luas Tanah Siap Bangun : 4.422 m2
Luas Lantai Atas Siap Bangun :
140 m2
B. Model Kepemimpinan Kepala SMP Negeri 1 Cisoka
Dari hasil
observari yang telah di lakukan. penulis mengetahui bahwa gaya kepemimpinan
yang di terapkan oleh Dra. Mimin Sri
Suminarsih, M.Pd Kepala SMP Negri 1 Cisoka merupakan gaya yang di kombinasikan , artinya beliau
menggunakan gaya otoriter, demokratis , pseudo demokratis dan
Laissez-faire, dalam menjalankan
kepemimpinanya. Tindakan yanga beliau lakukan disesuaikan dengan situasi dan
kondisi yang terjadi. Hal ini dapat menjadikan kepemimpinan beliau menjadi kepemimpinan
efektifI.
C. Analisi SWOT Kepemimpinan Kepala SMP Negeri 1 Cisoka
Setelah mengumpulkan dan menganalisi data sebagai tujuan yang
ingin di capai dalam observasi kepemimpinan kepala SMP Negeri 1 Cisoka, Kekeuatan, Kelemahan, Peluang
dan Tantangan yang di dapat dari hasil observasi sebagai berikut:
1.
Kekuatan (strenght)
Kekuatan dalam hal sifat
dan sikap ,kepala sekolah mempunyai jiwa yang tegas dam menegakan aturan
sekolah, memiliki kepribadian yang baik, memiliki kedisiplisnan yang tinggi,
bersikap hati-hati dalam mengambil keputusan bersama, patuh terhadap atasan dan
tanggung jawab.kekuatan dam hal profesionalisme kerjanya, pengalaman yang
mempuni kerena beliau menjabat di sekolah sebelumnya, menegakan aturan sekolah
kepada masyarakat sekolah kepada seluruh masyarakat sekah termasuk dirinya,
terus melakukan pembangunan sarana sekolah seperti ruang kelas baru,
perpustakaan dan lapangan, komunikasi yang di jalin dengan guru cukup baik.
2.
Kelemahan (weaknes)
Kelemahan dala hal sifat
dan sikap, sangat selektif terhadap guru dan pegawai terlihat memilih-milih
guru dan pegawai untuk di berikan kepercayaan seperti di ikut sertakan dalam
kegiatan atau kepanitiaan, kadang-kadang merasa tidak enak atau sungkan kepada
guru dan pegawai yang lebih tua masa kerjanya, usia yang sudah tua menjadiakannya
kurang aktif dalam memantau secara langsung ke lapangan, kurang berani
mengambil keputusan secara cepat. Kelemahan dalam hal profesionalisme
kinerjanya, komunikasi ke instansi luar selain dinas pendidikan jarang di
lakukan, seperti kerja sama dengan bimbigan belajar atau pihak-pihak yang
memeberikan beasiswa, kurang memahami keadaan pribadi setiap guru dan pegawai
secara personal,
3.
Peluang (opportunity)
Karier kepala sekolah yang
semakin baik karena pengalamannya yang sudah banyak menjadikanya semakin di
percaya oleh dinas pendidikan, dengan kempuanya serta berkepribadian yang baik,
meiliki staf, guru dan pegawai yang baik maka lebih mempermudah proses
kepemimpinannya dan memiliki sarana yang lengkap maka mempermudah pula proses
pembelajaran yang berkualitas di SMP Negeri 1 Cisoka.
4.
Tantanngan (threat)
Sedikitnya jumlah kepala sekolah wanita menjadikan
kepala SMP Negeri 1 Cisoka, memiliki tantangan tersendiri dalam menjalankan
tugasnya kaitannya dengan pihak luar, sebagai kepala sekolah yang memimpin
sekolah favorit di kecamatan seharusnya
lebih meningkatkan kualitas siswa SMP Negeri 1 Cisoka agar bisa tetap menjadi
yang terbaik di wilayanya, karena banyaknya sekolah sekolah baru yang akan
menjadikan sekolah saingan di wilayah kecamatan
cisoka, solar dan sekitarnya.
BAB V
PENUTUP
A.Simpulan
Berdasarkan hasil dari
observasi dapat di simpulkan bahwa SMP Negeri 1 Cisoka merupakan sekolah yang
berada pada level akreditasi A dengan begitu sekolah ini merupakan sekolah yang
layak mendapatkan rebutan bagi anak yang baru lulus dari tingkat sekolah dasar.
Dari hasil observari yang
telah di lakukan. penulis mengetahui bahwa gaya kepemimpinan yang di terapkan
oleh Dra. Mimin Sri Suminarsih, M.Pd
Kepala SMP Negri 1 Cisoka merupakan gaya
yang di kombinasikan , artinya beliau menggunakan gaya otoriter, demokratis ,
pseudo demokratis dan Laissez-faire,
dalam menjalankan kepemimpinanya. Tindakan yanga beliau lakukan
disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang terjadi. Hal ini dapat menjadikan
kepemimpinan beliau menjadi kepemimpinan efektifI.
Analis SWOT menunjukan bahwa kepemimpinan Dra. Mimin Sri Suminarsih, M.Pd Kepala SMP Negeri 1 Cisoka, pada tingkat yang
memuaskan.
B. Saran
Demikian laporan ini di buat sebagai hasil dari observasi yang penulis lakukan, penulisi mengharapkan kritik dan saran yang konstuktif dari pembaca agar lebih baik dalam penyusuna laporan hasil observasi pada kesempatan
selanjutnya. Semoga hasil laporan
obsevasi ini bisa bermanfaat dan
bisa di gunakan sebagai bahan rujukan terhadap kasus yang mempunyai
keterkaitan.
DAFTAR PUSTAKA
Agung, Analis SWOT , http://www.academia.edu/8370975/Analisis_SWOT_fix di akses pada tanggal 25 Mei 2015 pukul
21.30 WIB
Gibson, Ivancevich, Donnely. 1995, Organisasi :Edisi 8 Jilid 1,Jakarta:
Binarupa Aksara
Purwanto,
Ngalim dkk. 1991. Administrasi
pendidikan. Mutiara Sumber
Widya. Jakarta. Hal 35
Sagala, Saipul, 2009.Administrasi
Pendidikan Kontemporer, Alfabeta, Bandung, hal.148
0 komentar: